ciri jurnal terindeks sinta wajib diketahui oleh pengguna. Hal ini dilakukan sebelum memutuskan untuk menerbitkan artikel atau makalah di platform pendidikan.

Ciri jurnal terindeks sinta wajib diketahui  oleh pengguna. Hal ini dilakukan sebelum memutuskan untuk menerbitkan artikel atau makalah di platform pendidikan. Perbedaan jurnal Sinta ini cukup signifikan dengan jurnal lainnya.

Sinta atau Sistem Indeksasi Jurnal Ilmiah dikenal sebagai salah satu sistem yang saat ini banyak digunakan oleh Kemenristekdikti, bidang pendidikan, dan lainnya. Tujuannya agar bisa menilai dan melakukan indeks terhadap jurnal yang akan diterbitkan di website.

Kenali Ciri Jurnal Terindeks Sinta

Pada dasarnya, jurnal yang akan diterbitkan di Sinta wajib sekali memenuhi berbagai macam kriteria sesuai ketetapan Kemenristekdikti. Nantinya karya ilmiah atau artikel yang terbit akan melalui proses editorial.

Dimana hanya artikel berkualitas dan sesuai standar publikasi Sinta yang bisa terbit. Oleh karena itu, sebelum menerbitkan artikel ilmiah wajib tahu beberapa ciri jurnal terindeks sinta, di bawah ini:

  1. Mempunyai Nomor ISSN

ISSN atau lebih dikenal dengan sebutan Internasional Standar Serial Number ini bisa didapatkan dari lembaga yang menerbitkan jurnal. Bagi peneliti, yang ingin mendaftar jurnal di Sinta harus memiliki nomor ISSN. Hal ini berguna untuk memastikan jurnal yang akan terbit sudah teridentifikasi secara internasional.

  1. Konten Ilmiah Berkualitas

Pada Sinta, jurnal yang akan diterbitkan harus berkualitas tinggi. Dimana artikel tersebut harus memenuhi standar karya ilmiah seperti mempunyai metodologi penelitian, lalu asli dan relevan terhadap topik yang dibahas pada artikel penelitian.

Apabila jurnal terbukti berkualitas, maka proses editorialnya lumayan cepat. Sebab, akan di proses peer review oleh para ahli di bidangnya. Peer view ini merupakan salah satu tahap evaluasi untuk bisa menilai artikel tersebut berkualitas atau tidak.

  1. Memiliki Open Access

Biasanya, jurnal yang diterbitkan di Sinta akan dibuat dengan open acces atau akses terbuka. Hal ini tentu dilakukan agar khalayak umum yang tidak memiliki finansial mencukupi bisa tetap membaca artikel tersebut. 

Bahkan, bisa mendapatkan ilmu lih banyak. Model ini juga dilakukan agar akses terhadap artikel tersebut bisa lebih meningkat dan optimal.

  1. Tersedia Metadata Lengkap

Setiap artikel yang terbit harus mempunyai metadata yang valid dan lengkap. Metadata ini cakupannya luas berupa kata kunci, abstrak, nama penulis, serta informasi terkait artikel. 

Melalui metadata ini nantinya artikel bisa lebih mudah terindeks di direktorat, mesin pencarian, dan berbagai basis data.

  1. Sesuai Aturan Publikasi

Jurnal yang akan terbit biasanya memiliki jadwal tertentu. Jadwal ini sudah diatur sesuai dengan ketentuan tempat jurnal tersebut terbit. Hal ini tentu agar bisa memastikan artikel ilmiah yang terbit tersebut masih baru dan tidak plagiat.

Aturan Publikasi ini dapat memastikan bahwa isi artikel terlihat konsisten dan profesional. Hal ini juga akan membuat penulis maupun pembaca lebih percaya pada penerbit.

  1. Publikasi Profesional Terkelola dengan Baik

Penerbit jurnal nantinya akan menjelaskan etika atau kebijakan terkait syarat dan prosedur apa saja yang harus penulis penuhi. Di mana kebijakan tersebut berisi terkait informasi yang jelas dan transparan.

Jadi jurnal yang terindeks Sinta akan melalui proses publikasi seperti pemeriksaan plagiasi, peer review dan penjelasan terkait perlindungan hak cipta.

Melalui beberapa ciri di atas, bisa dipastikan bahwa artikel tersebut sudah SINTA. Oleh karena itu, sebelum melakukan penerbitan atau mencari artikel harus cari tahu dulu track record penerbit. Selain itu, tetap harus memastikan ciri jurnal terindeks sinta sesuai dengan ketentuan Kemenristekdikti.

candradmin http://candradimukamap.ac.id

Selamat datang di blog terbaru dari saya muhammad chandra yang akan banyak membagikan seputar informasi dibidang teknologi yang kini giat banyak peminat yang ingin memperbanyak pengetahuannya. Terima kasih.

You May Also Like

More From Author