Sudah tahu receiptify? Kalau belum, ini penjelasan yang harus diketahui! Jangan sampai ketinggalan dan FOMO!

Musik menjadi teman di setiap kegiatan, dengan musik aktivitas bisa dilakukan dengan lebih bersemangat. Salah satu platform yang digunakan untuk mendengarkan musik adalah Spotify. Kini di dalam Spotify, hadir pula fitur kekinian yang disebut sebagai receiptify.

Informasi

Tidak semua orang tahu apa arti dari istilah tersebut, mengingat tidak semua orang menggunakan Spotify. Namun bagi anak muda yang kekinian dan tak kamu ketinggalan tren, memiliki receiptify bisa jadi salah satu pencapaian yang menarik.

Istilah ini bermakna listing atau ringkasan lagu yang paling banyak dimainkan oleh seseorang menggunakan akun Spotify yang dimilikinya. Menariknya, listing ini disajikan dalam bentuk struk, sehingga bisa menampilkan keseluruhan lagu yang paling banyak diputar.

Pengembang

Sebenarnya istilah ini tak muncul begitu saja, ada orang yang mempopulerkannya. Pertama kali istilah ini dikenalkan oleh Michelle Liu, yang kemudian mengunggahnya di media sosial. Ternyata anak muda menyukai konsep yang Liu tawarkan, sehingga istilah ini kemudian ramai digunakan.

Serupa dengan fitur Spotify, yakni Wrapped, yang merangkum banyak lagu favorit paling sering didengarkan. Konsep yang Liu tawarkan juga menampilkan konteks yang sama, namun dengan tampilan yang lebih minimalis dan kekinian.

Manfaat

Dengan menggunakan receiptify, maka pengguna bisa membagikan daftar lagu yang ia sukai. Daftar tersebut akan ditampilkan seperti struk, sehingga mudah dibaca dan dipahami. Jika sudah, nantinya daftar lagu tersebut dapat dibagikan di media sosial yang diinginkan.

Ketika membagikan daftar lagu ini, tentunya akan ada kebanggan sendiri yang muncul. Apalagi jika lagu yang diminati tengah populer dan banyak disukai orang lain. Hal ini tentunya menimbulkan rasa bangga karena sudah memberikan kontribusi kepada artis atau musisi yang disukai.

Teknis Pembuatan

Listing lagu ini bisa dibuat secara percuma atau gratis, tanpa perlu membayar sepeser pun. Pembuatannya juga mudah, pengguna hanya perlu membuka browser dan memasukkan alamat situs membuatnya di alamat herokuapp.

Setelah membuka websitenya, silahkan masuk dengan akun Spotify yang di punya. Lakukan login dengan mengikuti panduan pendaftaran yang tersedia, jangan lupa untuk memberikan akses pada akun Spotify yang dimiliki agar listing musik yang disukai bisa terbaca.

Selanjutnya pengguna hanya perlu memberikan pilihan rentang analisis kepada website tersebut, apakah analisis lagu dalam 1 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Nantinya pengguna bisa melihat riwayat penyetelan lagu yang sering dilakukan.

Jika sudah menyelesaikan tahapan ini, langkah berikutnya adalah mengakses atau mengunduh gambar hasil analisis. Pilih opsi Get Image dan tunggu sampai proses muatnya selesai. Jika sudah, silahkan unduh atau bagikan hasil receiptify yang sudah berhasil diakses.

Perbedaan

Mungkin banyak yang penasaran apa bedanya listing ini dengan listing resmi yang dimiliki oleh Spotify bernama Wrapped. Sebenarnya keduanya memiliki konsep yang sama, yakni menampilkan daftar lagu yang paling banyak disetel oleh pengguna.

Perbedaannya hanya pada tampilan yang dimiliki, listing dari Spotify tampak lebih futuristic dan mencerminkan style dari Spotify. Berbeda dengan listing bebas ini, bentuknya yang seperti struk belanja terlihat lebih keren dan kekinian. Inilah alasan anak muda lebih menyukai listing lagu favorit yang tidak disediakan oleh Spotify langsung.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai receiptify dan bagaimana teknis untuk pembuatannya. Dengan tahu langkah-langkahnya, pengguna tak perlu khawatir ketinggalan tren atau FOMO. Apalagi tren ini bisa dilakukan kapan saja, baik di awal, tengah atau akhir bulan tanpa harus khawatir mengenai budget.

candradmin http://candradimukamap.ac.id

Selamat datang di blog terbaru dari saya muhammad chandra yang akan banyak membagikan seputar informasi dibidang teknologi yang kini giat banyak peminat yang ingin memperbanyak pengetahuannya. Terima kasih.

You May Also Like

More From Author