Ada cara kompres gambar pakai macbook, diantaranya menyiakan gambar yang ingin diubah, mengubah ukuran dan resolusi. Selengkapnya, simak penjelasannya di sini.

Cara kompres gambar pakai Macbook sebenarnya hampir sama ketika menggunakan laptop. Fitur yang bisa dimanfaatkan yaitu preview.

Macbook akhir-akhir ini menjadi sesuatu yang sangat disenangi dan digemari. Terutama kalangan gen Z. Mungkin karena bentuknya simpel dan sederhana serta kualitas mumpuni tidak kalah dengan laptop yang membuatnya memikat.

Cara Kompres Gambar Pakai Macbook dengan Memanfaatkan Preview

Supaya lebih mudah memahami perintah, berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan ketika ingin kompres gambar menggunakan Macbook.

  1. Mengubah Ukuran Gambar Memakai Preview

Pertama siapkan gambar yang ingin di potong. Jika lupa tempat menaruh gambarnya, pengguna bisa memanfaatkan fitur pencarian.

Walaupun sekilas terlihat sederhana, jika tidak disiapkan gambar-gambar yang akan diolah, maka waktunya akan terkuras untuk mencari hal-hal seperti itu. Apalagi jika yang dirubah bukan hanya satu gambar.

Caranya, buka finder, lalu ketuk ikon berbentuk menyerupai kaca pembesar di layar Macbook, lalu masukkan kriteria pencarian dan selanjutnya klik return agar hasil pencariannya bisa dilihat.

  1. Geser Gambar ke Dock atau Finder

Langkah kedua yaitu klik kanan gambar yang ingin di kompres lalu pilih opsi “open with” atau “dibuka menggunakan”, selanjutnya ketuk preview.

  1. Ketuk Tombol Sunting

Step ketiga klik tombol sunting, lalu pilih tools yang ada di barisan bar paling atas, jika sudah muncul banyak opsi, pilihlah adjus size.

Setelah memilih adjust nanti akan muncul kolom yang isinya tentang custom ukuran. Pada kolom bagian fit into isi dengan kata custom. Pada bagian width dan height isi dengan ukuran yang ingin dihasilkan. 

  1. Mengubah Resolusi Gambar

Pada kolom resolusi juga bisa sesuaikan kebutuhan yang diperlukan. Standard ukurannya adalah menggunakan piksel per inci, dpi, atau dots perinci. 

Berikut beberapa pertimbangan terkait kebutuhan resolusi yang bisa dijadikan segai gambaran atau resolusi. 

  • Untuk penggunaan di web resolusi yang tepat adalah 72. 
  • Untuk gambar yang harus dicetak, seperti: poster, banner, dan kebutuhan cetak lainnya, resolusi yang diperlukan 600. Secara alami nanti ukuran berkas juga akan ikut mengalami kenaikan.
  • Sedangkan untuk kebutuhan gambar yang harus dicetak mengkilat, resolusi yang dibutuhkan 300. 
  1. Menentukan Tinggi dan Lebar

Setelah resolusi selesai, fokus masalah selanjutnya yaitu menentukan tinggi dan lebar. Semakin luas gambar, maka akan semakin besar juga kapasitasnya. 

Cara merubahnya ada di kolom width dan height. 

  1. Tekan Ok

Jika semua ukuran, resolusi, dan lain-lainnya sudah dirubah sesuai keinginan, langkah terakhir save atau simpan.

Caranya, tekan tombol command dan s. Secara otomatis perubahan berkas akan tersimpan.

Sedangkan jika ingin mengubahnya di file lain, klik file yang ada di bar, kemudian pilih save as. Agar tidak bingung, jangan lupa diberikan nama yang sesuai.

  1. Revert To

Sering kali tanpa disadari, atau ketika sedang tergesa-gesa, setelah disimpan baru sadar kalau ada kesalahan. Untuk memperbaikinya, klik icon file lalu pilih revert to dan terakhir pilih brows All version, lalu pilihlah gambar selanjutnya yang ingin dikembalikan.

Cara kompres gambar pakai Macbook sebenarnya sangat mudah jika memperhatikan step-stepnya dengan teliti. Yang membuat pusing ketika tidak fokus memahami instruksi, sehingga pekerjaan jadi lambat dan tidak selesai. Selamat mencoba, semoga berhasil.

candradmin http://candradimukamap.ac.id

Selamat datang di blog terbaru dari saya muhammad chandra yang akan banyak membagikan seputar informasi dibidang teknologi yang kini giat banyak peminat yang ingin memperbanyak pengetahuannya. Terima kasih.

You May Also Like

More From Author