Ketahui cara membuat hyperlink di microsoft word, diantaranya memilih kata yang akan dijadikan sebagai bahan untuk menampung link. Penjelasan lengkapnya, simak di sini.

Cara membuat hyperlink di microsoft word untuk yang awam tentang teknologi memang cukup membingungkan. Karena membutuhkan klik beberapa tools baru terlihat ada kolom hyperlinknya.

Namun, untuk orang-orang yang sudah paham dan jago bermain komputer, hal tersebut merupakan bagian pekerjaan yang sangat mudah dilakukan.

Hyperlink sangat penting dan sangat memudahkan dalam mencantumkan sumber. Terutama untuk tulisan-tulisan yang membutuhkan bukti kuat dari sumber yang dijadikan referensi.

Untuk mengetahui cara memasukkan Hyperlinknya, simak penjelasan di artikel berikut.

  1. Buka File Word

Buka aplikasi file word yang sudah terisi tulisan. Dari sekian banyak deretan kalimat tersebut pilih salah satu kata atau kalimat yang akan dihubungkan ke link. 

Usahakan memilih kalimat yang sesuai dan memiliki maksud sama. Sehingga terjadi sinkronisasi yang estetis. 

Misal, pembahasan di dalam tulisannya adalah “Manfaat membaca Al-Qur’an Setiap pagi” maka kata relevannya adalah Al-Qur’an. Atau kalau berbentuk kalimat bisa memilih manfaat membaca Al-Qur’an. 

  1. Insert

Setelah kalimat atau kata dipilih, kemudian blok dan cari icon insert. Kalau sudah pada tahap ini, masukkan alamat website, blog, portal media, dan lain-lainnya yang dijadikan sebagai sumber. 

Nanti akan ada kolom yang memanjang, bentuknya seperti kolom pencarian. Masukkan link ke situ, kemudian tekan insert yang posisinya ada di bawah kolom. 

  1. Verifikasi Hyperlink

Langkah terakhir yaitu melakukan verifikasi hyperlink. Jika alamat yang dimasukkan benar, maka kata atau kalimat yang dimasukkan akan berubah menjadi warna biru. 

Jika ada kesalahan dan ingin mengedit hyperlink, pengguna tinggal melakukan langkah yang sama seperti saat akan melakukan insert awal. 

Sebagaimana yang diulik pada pembahasan di atas, kegunaan hyperlink pada dasarnya adalah memudahkan pengguna untuk terhubung ke sumber. 

Jika yang dimasukkan adalah link website atau sumber-sumber yang diambil dari web, maka ketika di klik ia akan secara oromatis melakukan perambanan ke web tersebut. 

Begitu pula jika yang diinsertkan email, google drive, atau alamat-alamat lain. Dengan adanya hyperlink, pengguna tidak perlu susah-susah mencari file satu persatu lagi. 

Fungsi lain dari hyperlink, juga bisa digunakan untuk meringkas file-file. Misal ada banyak file yang berceceran, file tersebut bisa disatukan di satu folder yang ada di google drive, kemudian linknya bisa dimasukkan ke hyperlink word. Sehingga meminimalisir kerempongan. 

Menandai link yang diinsertkan sudah berhasil atau gagal adalah perkara mudah. Hal mencolok yang perlu diamati adalah warna link. Kalau warnanya biru, kemungkinan besar link tersebut aktif dan bisa diklik atau dibuka. Kalau warna linknya hitam, sering kali linknya mati. Sehingga tidak dapat dibuka. Biasanya dikarenakan ada kesalahan saat memasukkan alamatnya. 

Walaupun tidak menutup kemungkinan kalau berwarna hitam juga aktif. Warna hanya sebagai penanda yang mudah digunakan sebagai alternatif pengamat saja. Bukan kebenaran mutlak. 

Supaya lebih yakin tentang kesuksesan link yang dimasukkan, solusinya langsung diuji coba. 

Cara Membuat Hyperlink di Microsoft Word sebagaimana yang diuraikan pada artikel di atas bisa digunakan sebagai rujukan atau referensi, jika sewaktu-waktu lupa tentang cara penggunaannya. 

Karena terkadang walaupun mudah dan sederhana kalau tidak setiap hari dilakukan riskan akan lupa. 

candradmin http://candradimukamap.ac.id

Selamat datang di blog terbaru dari saya muhammad chandra yang akan banyak membagikan seputar informasi dibidang teknologi yang kini giat banyak peminat yang ingin memperbanyak pengetahuannya. Terima kasih.

You May Also Like

More From Author